Pengguna Bitcoin Mengacak sebagai Exchange Utama MtGox Goes Offline

Pengguna Bitcoin Mengacak sebagai Exchange Utama MtGox Goes Offline

Bayangkan bangun di suatu pagi dan temukan bahwa Wall Street telah lenyap begitu saja. Itu agak mirip dengan apa yang terjadi di dunia Bitcoin awal pekan ini, ketika bursa Bitcoin yang berbasis di Tokyo, MtGox, tampaknya menghilang pada hari Selasa setelah muncul laporan bahwa situs itu telah menderita kerugian yang sangat parah di belakang layar.

Masalah Keamanan, Masalah Penukaran Disalahkan

Beberapa minggu terakhir sangat sulit untuk MtGox. Beberapa minggu yang lalu, pertukaran menghentikan penarikan ke mata uang konvensional setelah mengungkap celah keamanan di Bitcoin yang dapat mengakibatkan penipuan. Minggu lalu, CEO MtGox Mark Karpeles mengundurkan diri dari jabatannya di dewan Yayasan Bitcoin.

Banyak pendukung dan pertukaran Bitcoin utama lainnya dengan cepat menunjukkan jatuhnya MtGox sebagai insiden terpisah yang lebih merupakan kesalahan manajemen daripada masalah khusus apa pun dengan mata uang digital itu sendiri.

Kerahasiaan dan Kebingungan

Hasil akhirnya adalah bahwa beberapa, jika ada, orang-orang di luar orang dalam di MtGox sendiri tahu apa yang terjadi dan apakah pertukaran itu adalah pelarut. Setelah sekitar 12 jam diam, MtGox memang kembali, meski hanya dengan pernyataan singkat.

“Mengingat laporan berita terbaru dan potensi dampak pada operasi MtGox dan pasar, keputusan diambil untuk menutup semua transaksi untuk sementara waktu untuk melindungi situs dan pengguna kami,” kata pernyataan dari tim MtGox. “Kami akan memantau situasi dan akan bereaksi dengan tepat.”

Pada hari Rabu, pernyataan kedua dari Mark Karpeles juga muncul.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk meyakinkan semua orang bahwa saya masih di Jepang, dan bekerja sangat keras dengan dukungan dari berbagai pihak untuk menemukan solusi untuk masalah kami baru-baru ini,” kata Karpeles. Pernyataan itu juga mengatakan bahwa semua staf di MtGox telah diperintahkan untuk tidak menjawab pertanyaan tentang situasi tersebut.

Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk bagi perusahaan, MtGox dilaporkan menerima panggilan pengadilan dari jaksa federal di New York. Pihak berwenang Jepang juga mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki penutupan situs.

Leave a Comment